«
»


Situ Patenggang dan Batu Cinta

Posted by on Aug 11, 2011

Peta Bandung SelatanSitu Patengan atau Situ Patenggang terletak di daerah Ciwidey, Bandung Selatan, Indonesia. Situ patenggang dapat di capai dari Jakarta melalui Tol Cipularang dengan jarak tempuh sekitar 185 km (keluar melalui pintu tol kopo) atau berjarak 5 km dari lokasi objek wisata Kawah Putih.

Jika ingin menggunakan kendaraan umum, anda harus menuju terminal Ciwidey dengan menggunakan Bus atau Elf dari terminal Leuwi Panjang dengan tarif sekitar Rp. 6.000, kemudian dilanjutkan menggunakan angkot langsung ke pintu masuk Situ Patengan (banyak terdapat di terminal Ciwidey) dengan tarif sekitar Rp.10.000.

Danau ini memiliki luas sekitar 48 ha dan terdapat pulau kecil yang dinamakan pulau Asmara karena memiliki bentuk seperti hati. Situ Patengan terletak pada ketinggian 1600m diatas permukaan laut dan dikelilingi kebun teh Rancabali.

Situ PatenggangNama Situ Patengan berasal dari bahasa Sunda, “Pateangan-teangan” yang artinya saling mencari.

Dikisahkan dahulu kala ada sepasang sejoli yaitu Ki Santang dan Dewi Rengganis yang saling mencintai. Mereka berpisah sekian lamanya, dan saling mencari. Akhirnya mereka bertemu di tempat yang dinamakan Batu Cinta. Dewi Rengganis pun minta dibuatkan danau dan sebuah perahu untuk berlayar bersama. Perahu inilah yang sampai sekarang menjadi sebuah pulau yang berbentuk hati (pulau Asmara/pulau Sasaka).

Batu Cinta - Situ PatenggangJika ingin mengunjungi Batu Cinta, Anda dan rombongan bisa menggunakan perahu dayung dengan ongkos Rp 130 ribu pp — yang bisa ditawar hingga setengah harga.

Perjalanan ke lokasi Batu Cinta membutuhkan waktu sekitar 30 menit. Di lokasi ini, Anda dapat mendaki bukit di belakangnya, memasuki kebun teh dan mengambil gambar di situ. Ada pula sebuah tempat yang lebih tinggi dari sekelilingnya, sehingga Anda bisa leluasa mengambil gambar sekeliling danau.

Waktu terbaik untuk datang ke Situ Patengan adalah pagi hari, saat langit masih berwarna biru bersih. Perpaduan biru langit dan hijau kebun teh menghasilkan pemandangan yang tak terlupakan.

Harga Tiket Masuk :
Rp 6 ribu per orang
Rp 11.500 per mobil

Sumber :

http://id.travel.yahoo.com/jalan-jalan/116-situ-patengan-danau-di-tengah-kebun-teh

images.google.com

http://www.indotravelers.com/bandung/situ-patengan.html

Tour :Situ Patengan,Situ Patenggang,Batu Cinta,Batu Cinta Situ Patenggang,Situ Patenggang Bandung,Situ Patengan Bandung

Comments are closed.