«
»


Danau Kelimutu, Danau Tiga Warna di Flores

Posted by on May 3, 2011

Danau Kelimutu Tampak AtasDanau Kelimutu terletak di puncak Gunung Kelimutu pada ketinggian 1.690 diatas permukaan laut dan secara administratif berada di Desa Pemo, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende, Nusa Tengggara Timur. Sekitar 65 kilometer (km) arah timur dari kota Ende, yang dapat ditempuh dengan kendaraan roda empat sekitar dua jam.

Danau Kelimutu dikenal dengan nama Danau Tiga Warna karena memiliki tiga warna yang berbeda, yaitu merah, biru, dan putih. Walaupun begitu, warna-warna tersebut selalu berubah-ubah seiring dengan perjalanan waktu. Sedangkan Kelimutu merupakan gabungan kata dari “keli” yang berarti gunung dan kata “mutu” yang berarti mendidih dan ditetapkan sebagai taman nasional sejak 26 Februari 1992.

Danau atau Tiwu Kelimutu di bagi atas tiga bagian yang sesuai dengan warna – warna yang ada di dalam danau. Danau berwarna biru atau “Tiwu Nuwa Muri Koo Fai” merupakan tempat berkumpulnya jiwa-jiwa muda-mudi yang telah meninggal. Danau yang berwarna merah atau “Tiwu Ata Polo” merupakan tempat berkumpulnya jiwa-jiwa orang yang telah meninggal dan selama ia hidup selalu melakukan kejahatan/tenung. Sedangkan danau berwarna putih atau “Tiwu Ata Mbupu” merupakan tempat berkumpulnya jiwa-jiwa orang tua yang telah meninggal.

Danau KelimutuLuas ketiga danau tersebut sekitar 1.051.000 meter persegi dengan volume air 1.292 juta meter kubik. Batas antar danau adalah dinding batu sempit yang mudah longsor. Dinding ini sangat terjal dengan sudut kemiringan 70 derajat. Ketinggian dinding danau berkisar antara 50 sampai 150 meter.

Untuk sampai ke Danau Kelimutu, kita dapat melalui Kampung Moni yang berada tepat di bawah Gunung Kelimutu. Disini terdapat sekitar 20 homestay yang dikelola penduduk dengan tarif Rp 25.000- Rp 50.000 per malam dan Cottage milik pemerintah bertarif Rp 75.000-Rp 85.000.

Dari Kampung Moni ke puncak Kelimutu terdapat dua pilihan, yaitu dengan ojek dengan tarif Rp 100 ribu atau mobil dengan tarif Rp 300 ribu menempuh jarak 13 km.

Kawasan Kelimutu dikelilingi hutan dengan flora yang jarang ditemukan di wilayah Flores. Ada pinus, cemara, kayu merah dan edelweiss. Sedangkan fauna yang ada seperti rusa, babi hutan, ayam hutan dan elang.

Sumber:

http://id.wikipedia.org/wiki/Gunung_Kelimutu

http://liburan.info/content/view/101/43/lang,indonesian/

images.google.com

Tour :Danau Tiga Warna,Danau Kelimutu,Kampung Moni,Gunung Kelimutu

Comments are closed.