«
»


Ali Sadikin, Gubernur Jakarta ke-9

Posted by on Apr 19, 2012

Ali SadikinBanyak rakyat Jakarta yang merindukan kepemimpinan Ali Sadikin atau yang dikenal dengan Bang Ali dalam memimpin Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Ali Sadikin lahir pada 7 Juli 1927 di Sumedang, Jawa Barat. Beliau adalah seorang letnan jenderal KKO-AL (Korps Komando Angkatan Laut) yang ditunjuk oleh Presiden Soekarno menjadi Gubernur Jakarta pada tahun 1966 (masa jabatan 1966-1977).

Sebelumnya, ia pernah menjabat sebagai Deputi Kepala Staf Angkatan Laut, Menteri Perhubungan Laut Kabinet Kerja, Menteri Koordinator Kompartemen Maritim/Menteri Perhubungan Laut Kabinet Dwikora dan Kabinet Dwikora yang disempurnakan di bawah pimpinan Presiden Soekarno.

Pada masa kepemimpinannya, Bang Ali mengembangkan Jakarta menjadi Kota Metropolitan dengan membangun proyek-proyek besar, seperti Taman Ismail Marzuki, Kebun Binatang Ragunan, Proyek Senen, Taman Impian Jaya Ancol, Taman Ria Monas, Taman Ria Remaja, kota satelit Pluit di Jakarta Utara, pelestarian budaya Betawi di kawasan Condet, dll. Bang Ali juga mencetuskan pesta rakyat setiap tahun pada hari jadi kota Jakarta, 22 Juni. Bersamaan dengan itu berbagai aspek budaya Betawi dihidupkan kembali, seperti kerak telor, ondel-ondel, lenong dan topeng Betawi, dsb.

Untuk membiayai proyek-proyek tersebut, Ali Sadikin membuat kebijakan kontroversial, yaitu dengan mengizinkan diselenggarakannya perjudian, mengembangkan hiburan malam dan melokalisasi pelacuran di Kramat Tunggak. Pajak yang di dapat kemudian di pergunakan untuk pembangunan kota Jakarta.

Bang Ali meninggal di Singapura pada hari Selasa, 20 Mei 2008. Dia meninggalkan lima orang anak lelaki dan istri keduanya yang ia nikahi setelah istri pertamanya Nani Sadikin terlebih dahulu meninggal dunia mendahuluinya. Jenazahnya dimakamkan di TPU Tanah Kusir.

Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Ali_Sadikin

Comments are closed.