«
»


Jalan Tol Jagorawi, Jalan Tol Pertama di Indonesia

Posted by on Apr 8, 2011

Jalan Tol JagorawiJalan Tol Jagorawi mulai dibangun pada tahun 1973, menghubungkan Jakarta-Bogor-Ciawi dan merupakan jalan tol pertama yang ada di Indonesia. Nama Jagorawi diambil dari singkatan kata (Ja)karta – Bo(gor) – Ci(awi) dan melintasi Kota Jakarta Timur, Kota Depok, Kabupaten Bogor, dan Kota Bogor.. Jalan tol ini dibangun dengan biaya Rp 350.000.000,00/kilometer pada kurs rupiah ketika itu dan merupakan jalan tol pertama yang didanai.

Jalan tol Jagorawi memiliki panjang sekitar 60 km, diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tanggal 9 Maret 1978. Saat diresmikan, jalan tol tersebut baru memiliki ruas Jakarta-Citeureup saja, dengan karyawan 200 orang dan pengelolaannya diberikan kepada PT. Jasa Marga sebagai modal awal perusahaan tersebut dan merupakan penyertaan pemerintah.

Tol JagorawiTahun 1973, Pemerintah mulai membangun jalan bebas hambatan pertama yang menghubungkan Jakarta dengan Bogor. Ketika masih dalam tahap pembangunan, jalan tol Jagorawi ini belum berstatus sebagai jalan tol. Ketika jalan tersebut selesai dibangun, pada tahun 1978, Pemerintah RI memikirkan agar biaya pengoperasian dan pemeliharaan ruas jalan tersebut dapat dilakukan mandiri tanpa membebani anggaran Pemerintah RI. Untuk itu, Menteri Pekerjaan Umum ketika itu, Ir. Sutami mengusulkan kepada Presiden RI agar ruas jalan Jakarta-Bogor tersebut dijadikan jalan tol.
Maka 2 pekan sebelum jalan tol Jagorawi diresmikan penggunaannya, persisnya pada 25 Februari 1978, terbit PP No. 4 tahun 1978 tentang Penyertaan Modal Negara Republik Indonesia untuk pendirian Persero yang mengurusi dan mengelola infrastruktur jalan raya. Dari situlah, kemudian lahir badan usaha persero PT Jasa Marga (Persero) pada 1 Maret 1978, 1 pekan sebelum jalan tol Jagorawi diresmikan.

Saat ini ruas Jagorawi telah dilebarkan dari 2 jalur menjadi 3 jalur dari Jakarta hingga Bogor, sisanya dari Bogor sampai Ciawi masih 2 jalur. Jalan tol ini dilengkapi pula oleh 4 tempat istirahat yakni di tempat istirahat kawasan Taman Mini Indonesia Indah (KM 6) dan tempat istirahat Sentul (KM 35) untuk arah Jakarta ke Bogor/Ciawi. Sebaliknya dari Bogor/Ciawi, tempat peristirahatan akan ditemui di tempat istirahat Bogor (KM 39), tempat istirahat Cimanggis (KM 19,5), dan tempat istirahat Cibubur (KM 12).

Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Jalan_Tol_Jagorawi

teknologi :Jalan Tol Jagorawi,Jalan Tol Pertama di Indonesia,Tol Jagorawi

1 Comment »

majors@drawling.clara” rel=”nofollow”>.…

ñïàñèáî çà èíôó!…

July 30th, 2014 | 12:38 pm