«
»


Anaconda Hijau, Ular Terbesar di Dunia

Posted by on Feb 25, 2011

Anaconda Hijau atau Eunectes Murinus merupakan salah satu ular terpanjang dan terbesar di dunia. Ukuran terpanjang dan terberat yang pernah di catat yaitu 521 cm dengan berat 97,5 kg.

Pola warna Anaconda terdiri dari latar belakang hijau zaitun dilapisi dengan bercak hitam sepanjang tubuh. Kepalanya lebih kecil dibandingkan dengan tubuhnya, biasanya dengan garis merah muda – kuning khas di kedua sisinya. Matanya terletak di atas kepala, yang memungkinkan ular untuk melihat keluar dari air sambil berenang tanpa memperlihatkan tubuhnya.

Anaconda hijau ditemukan di Amerika Selatan, di negara-negara timur Andes , termasuk Kolombia , Venezuela , Guianas , Ekuador , Peru , Bolivia , Brazil , pulau Trinidad dari selatan ke utara Paraguay. Anaconda tinggal di rawa-rawa dan sungai dengan aliran air yang lambat, terutama di hutan hujan tropis di Amazon dan cekungan Orinoco.

Anaconda Hijau makan berbagai macam mangsa, hampir apa saja selama mereka dapat mengalahkan mangsa itu, termasuk ikan , burung , berbagai mamalia , dan reptil.

Anaconda besar dapat memakan mangsa besar seperti tapir , rusa , capybara dan caiman , tetapi makan besar tersebut tidak teratur dikonsumsi. Ada banyak cerita lokal dan legenda mengenai anaconda sebagai pemakan manusia, tetapi hanya sedikit bukti untuk mendukung hal itu. Mereka mengerutkan badannya untuk menaklukkan mangsanya. Kanibalisme juga terjadi antara anaconda hijau, tercatat banyak kasus dimana anaconda betina besar memakan anaconda jantan yang lebih kecil. Para ilmuwan menyebutkan beberapa kemungkinan alasan untuk hal ini, termasuk dimorfisme seksual dramatis dalam spesies dan kemungkinan bahwa anacondas betina membutuhkan asupan makanan tambahan setelah dikawinkan untuk mempertahankan periode kehamilan panjang dan anaconda jantan merupakan salah satu jenis makanan karnivora, tetapi alasan yang tepat tidak dipahami.

Anaconda cenderung untuk mengapung di atas permukaan air dengan moncong hampir menyembul di atas permukaan air. Ketika mangsa melewati atau berhenti minum, sebuah anaconda lapar akan menangkap dengan rahangnya (tanpa memakan atau menelan) dan kemudian melilit dengan tubuhnya. Anaconda kemudian akan mengerutkan badannya sampai mangsanya telah berhasil dicekik.

Musim perkawinan anaconda terjadi selama musim hujan dan dapat berlangsung selama beberapa bulan, biasanya dari bulan April sampai Mei dengan masa kehamilan sekitar 6-7 bulan.

Sumber: http://en.wikipedia.org/wiki/Eunectes_murinus

Flora dan Fauna :Anaconda Hijau,Ular Terbesar di Dunia,Eunectes Murinus,anakonda hijau,Ular Terpanjang di Dunia

Comments are closed.