«
»


Desa Idiot Balong Ponorogo

Posted by on Jan 26, 2011

Balong, Ponorogo, Jawa Timur Fenomena Balong ini memang memprihatinkan. Akibat kemiskinan dan gizi buruk yang dialami di daerah Kaki Gunung Balong, Ponorogo,Jawa Timur, dari 5000 penduduk di desa ini, 111 diantaranya mengalami keterbelakangan mental atau yang dikenal awam sebagai idiot. Menurut kepala desa Karang Patiha, Balong, hal ini sudah terjadi selama berpuluh puluh tahun dan membuat desa ini dikenal sebagai Desa Idiot.

Sayangnya, banyak warga yang tidak mampu mengobati atau memeriksakan kesehatan mereka akibat keterbatasan dana dan kemiskinan. Jangankan untuk berobat, banyak warga Kaki Gunung Balong ini yang sehari-hari hanya makan singkong kering atau gaplek.

Mayoritas warga idiot karena gizi buruk ini berusia 40 tahun ke atas. Sebagian kecil lainnya adalah warga dengan usia balita hingga 30-an tahun. Dari total 1.756 KK penduduk yang tercatat dalam statistik Desa Karangpatihan, Kecamatan Balong, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, 1.203 KK diantaranya hidup dibawah garis kemiskinan.

Selain di Desa Karangpatihan, ada juga Desa Pandak, Kecamatan Balong, Ponorogo. Di desa tersebut , dari 3.800 penduduknya, sekitar 60 persen warga desa tersebut sangat miskin. Bahkan, 53 di antaranya, mengalami keterbelakangan mental (idiot).

sumber:
www.metrotvnews.com
www.koranjakarta.com

Fenomena Aneh :Kaki Gunung Balong,Desa Idiot,kemiskinan balong,Keterbelakangan mental,Ponorogo,Desa Balong,Desa Ponorogo,Gizi Buruk Balong,Kecamatan Balong

Comments are closed.