«
»


Kaki Seribu sepanjang 3 M

Posted by on Nov 18, 2010

Namanya adalah Arthropleura, serangga yang masi kerabat jauh kalanjengking dan kaki seribu ini panjangnya bisa mencapai 3m. Panjang tubuhnya menyebabkan dia mendapatkan nominasi binatang invertebrata (tak bertulang belakang) terbesar dan serangga terbesar yang pernah hidup di dunia.

Untungnya, binatang ini sudah punah 280 juta tahun yang lalu. Namun jangan kuatir kalaupun dia hidup sekarang, dia tidak akan mengejar manusia, karena ternyata dia adalah herbivora atau pemakan tumbuh-tumbuhan.

Athropeura dan serangga prehistorik lainnya diketahui memiliki ukuran yang jauh lebih besar dibandingkan serangga yang kita kenal sekarang. Peneliti menyimpulkan bahwa ini kemungkinan disebabkan jumlah oksigen di udara yang jauh lebih banyak saat itu (30% dibandingkan 16% sekarang). Bandingkan dengan Pharnacia serritypes, serangga terpanjang di dunia dari Kalimantan yang panjangnya “hanya” 35 cm.

sumber:
www.wikipedia.org
www.geology.cz

Asal Mula :Binatang Invertebrata terbesar di Dunia,Arthropleura,Serangga Panjang,kaki seribu terbesar di dunia,serangga terbesar,kaki seribu,serangga terbesar di dunia

1 Comment »

pregnancy@samuel.anion” rel=”nofollow”>.…

good info….

July 27th, 2014 | 10:22 am