«
»


Robot Origami dapat melipat dirinya sendiri

Posted by on Jul 2, 2010

Kebanyakan orang pasti sudah mengenal seni melipat kertas atau origami yang pertama populer di Jepang. Kini ada teknologi origami baru, yaitu “kertas” yang dapat melipat sendiri menjadi origami.

“Kertas” yang terbuat dari fiber glass ini terdiri dari 32 segitiga yang bentuknya pasti tak asing bagi penggemar origami, karena membentuk lipatan dasar origami. Antara segitiga-segitiga tersebut dipisahkan oleh engsel dari silikon, yang akan menekuk dengan sendirinya bila dialiri oleh aliran listrik.

Peneliti dari Harvard University dan the Massachusetts Institute of Technology (M.I.T.) lah yang telah membuat kertas ajaib ini. Memang untuk sementara kertas ini hanya mampu berubah menjadi kapal dan pesawat, tapi pengembangan teknologinya tidak terbatas.

Ingat film kartun the Jetson, dimana di film itu mobil dapat melipat dirinya menjadi sebuah koper? Mungkin tak lama lagi hal tersebut bisa terwujud. Bayangkan bagaimana mobil yang bisa melipat dirinya sendiri akan sangat menghemat tempat parkir, sehingga mungkin harga parkir tidak lagi semahal sekarang. Atau mungkin mobil di masa depan dapat menyesuaikan dirinya dengan jumlah penumpang dan barang yang dibawa? Pastilah ini bisa menjadi solusi yang sangat efektif untuk menghindari kemacetan.

Lihat video di bawah.

sumber: http://www.scientificamerican.com/

Ajaib :Robot Origami,Seni Melipat Kertas

1 Comment »

rig@insects.giselle” rel=”nofollow”>.…

ñïñ!…

July 31st, 2014 | 1:34 am